Layanan Musik Streaming Dengan Kualitas Suara Terbaik

Layanan Musik Streaming Dengan Kualitas Suara Terbaik

Karena penasaran mencari yang mana sih layanan musik streaming dengan kualitas suara terbaik, akhirnya saya mencari review di sana-sini, googling dan juga cari-cari review di YouTube. Saat ini, yang saya tahu, ada 3 layanan musik streaming di Indonesia yang cukup popular, yaitu Joox, Spotify dan YouTube Music.

Dalam pencarian itu saya mendapatkan hasil yang berbeda-beda. Walau review-review yang saya dapatkan semuanya dengan dasar analisa-analisa teknis dan ada juga yang didukung dengan alat yang diklaim terbaik untuk tes suara (musik), tetap ternyata hasilnya tetap berbeda-beda, hasilnya tidak merujuk kepada satu layanan yang sama. Ada yang bilang Joox yang memiliki kualitas suara terbaik, ada yang bilang Spotify yang terbaik kualitas suaranya, ada juga yang bilang YouTube Music itu yang terbaik kualitas suaranya.  Tambah bingung.

Jadi, yang mana layanan musik streaming dengan kualitas suara terbaik?

Akhirnya saya mencoba melakukan tes sendiri dengan mencoba ketiga layanan musik streaming tersebut untuk mencari mana yang memiliki kualitas suara yang terbaik untuk saya.

Pada tulisan kali ini, saya akan sharing apa saja yang saya lakukan dan bagaimana hasilnya, layanan yang mana yang terbaik kualitas suaranya. Dangan demikian semoga Anda pun dapat mengetahui layanan mana yang terbaik suaranya menurut Anda.

Joox

Joox (berasal dari kata “jukebox”) merupakan layanan musik streaming legal melalui internet dengan sentuhan personal yang diluncurkan oleh Tencent Holdings Ltd asal Shenzen, Tiongkok, yang merupakan perusahaan di balik instant messaging WeChat. Tersedia dalam bentuk mobile app (Android dan iOS) dan situs web, para pengguna dapat mendengarkan lebih dari dua juta lagu dan playlist pilihan lokal dan internasional secara gratis, serta mengunduhnya untuk didengarkan secara offline.

Spotify

Spotify adalah layanan musik alir, siniar, dan video komersial Swedia yang menyediakan manajemen hak digital yang melindungi konten dari label rekaman dan perusahaan media. Ini tersedia di sebagian besar Amerika, Eropa Barat dan Oseania. Musik dapat diakses atau dicari oleh artis, album, genre, playlist, atau label rekaman. Spotify dikembangkan pada tahun 2006 oleh sebuah tim di Spotify AB, di Stockholm, Swedia. Perusahaan ini didirikan oleh Daniel Ek, mantan CTO Stardoll, dan Martin Lorentzon, co-pendiri TradeDoubler dan Maria Giovani Anggasta Santosa.

YouTube Music

YouTube Music adalah layanan streaming musik dan aplikasi seluler yang dikembangkan oleh YouTube; itu menyediakan antarmuka yang disesuaikan untuk layanan yang berorientasi pada streaming musik, memungkinkan pengguna untuk menelusuri lagu dan video musik di YouTube berdasarkan genre, daftar putar, dan rekomendasi. Aplikasi YouTube Music diluncurkan pada Oktober 2015 dan dirilis pada bulan berikutnya. Pada 17 Mei 2018, YouTube mengumumkan versi baru layanan YouTube Music, termasuk pemutar desktop berbasis web dan aplikasi seluler yang dirancang ulang, rekomendasi yang lebih dinamis berdasarkan berbagai faktor, dan penggunaan teknologi kecerdasan buatan Google untuk mencari lagu berdasarkan lirik dan deskripsi.

Persiapan

Mohon diperhatikan bahwa cara yang saya lakukan ini adalah untuk mencari layanan yang memiliki kualitas suara terbaik untuk saya, yang cocok dengan kuping saya. Dan dalam bahasan ini saya hanya menilai dari kualiatas suaranya saja bukan fitur atau fasilitas lainnnya yang ada pada layanan tersebut.

Berikut beberapa hal yang perlu disiapkan.

  1. Alat tes yang digunakan. Gunakanlah alat yang paling sering anda pakai untuk mendengarkan musik. Misal anda sering memdengarkan musik dari komputer Anda, maka gunakanlah komputer Anda tersebut untuk tes. Bila Anda lebih sering mendengarkan musik dari smartphone, gunakanlah smarphone Anda tersebut untuk tes. Yang pasti komputer atau smartphone tersebut bisa menjalankan 3 layanan musik streaming yang akan kita tes nanti.
  2. Gunakan earphone/headphone atau speaker yang anda miliki yang memang selalu Anda gunakan untuk mendengar musik. Bisa yang kabel atau wireless (bluetooth)
  3. Pastikan pada ketiga layanan musik streaming tersebut Anda dapat memilih judul lagu yang sama dan dari album lagu yang sama. Di sini kemungkinan Anda harus menggunakan layanan yang berbayar (premium), setidaknya untuk satu hari atau beberapa jam, agar tidak ada batasan dalam memilih lagu dan fitur lainnya.
  4. Pastikan kuota internet cukup dan kualitas kecepatan koneksi internet cukup baik untuk mendengarkan musik secara streaming.

Jangan lupa, pahami karakter selera Anda dalam mendengarkan musik. Contohnya, saya suka medengarkan musik itu dengan volume yang cenderung pelan, di range volume 30-50%,  tetapi dalam kondisi volume tersebut suara instrumen dan penyanyi (vokal) semua terdengar jelas, detail, dan separasi harus baik. Selain itu saya suka treble yang pas, suara bass yang tidak loyo, tetap terasa ‘tendangannya’, bulat dan tidak over walau dalam volume yang cukup pelan. Suara si penyanyi yang balance, tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh serta jelas (tidak terdengar seperti tertahan atau tertimpa instrumen lain). Kurang lebih saya cendrung suka karakter yang flat. Nah, mungkin Anda punya selera atau standar yang berdeda, maka pahami dulu hal tersebut.

Bagimana, sudah siap? Yuk, kita lanjut dengan pengetesan.

Pengetesan

Dalam tes ini saya menggunakan smartphone Android yang saya gunakan sehari-hari dan bukan sebuah smartphone flagship. Lalu saya juga menggunakan earphone TWS bluetooth dengan brand dari golongan kaum ‘Kere Hore’.  Jadi bukan sebuah TWS yang branded dengan harga mahal, tetapi dengan kualitas suara earphone ini menurut saya sudah enak dan terasa mewah buat kuping saya ini. Nah, dalam test ini gunakanlah perangkat yang memang Anda gunakan sehari-hari untuk mendengarkan musik.

Selanjutnya dalam tes ini, pilihlah 3 sampai 5 lagu yang sering Anda dengarkan di ketiga layanan tersebut. Sekali lagi, pastikan lagu tersebut dari album yang sama (tahun realase yang sama). Dan sebisa mungkin lagu-lagu tersebut dapat mewakli karakter musik yang berbeda, yang menurut Anda berkarakter dominan treble, dominan bass dan lain sebagainya.

Bila Anda bingung memilih lagu untuk tes ini, Anda bisa googling dengan kata kunci  ‘songs for sound test’ untuk mendapatkan referensi lagu apa saja yang bisa jadi bahan untuk tes. Tetapi saya tetap menyarankan Anda menggunakan lagu yang Anda suka dan yang sering Anda dengarkan.

Lalu matikan semua equalizer pada bagian setting di ketiga layanan musik streaming tersebut dan juga pada bagian setting smartphone yang digunakan (bila ada). Jangan menggunakan equalizer. Set kualitas suara musik streaming menjadi High atau HQ, atau satu tingkat di atas kualitas normal yang menjadi standar pada layanan free. Ini agar seimbang, dari sisi kualitas diatas normal dan dari sisi kuota internet tidak terlalu boros bila streaming menggunakan data selular.

Selanjutnya, dengarkan lagu yang sama secara bergantian di ketiga layanan streaming musik tersebut. Manfaatkanlah fitur multitasking pada smartphone Anda. Nikmati dan rasakan lagu yang sedang didengarkan dan tidak perlu terburu-buru. Selesai dengan satu lagu, lanjutkan ke lagu yang lain dan lakukan hal yang sama.

Bagaimana sudah mendapatkan layanan musik streaming yang mana yang menurut telinga Anda memiliki kualitas suara terbaik?

Bila Anda masih memerlukan referensi lebih, Anda dapat mencari 2-3 orang yang ada didekat Anda yang bisa Anda minta untuk mendengarkan dan membandingan lagu-lagu tersebut dengan menggunakan perangkat yang Anda pakai tadi tanpa Anda beritahu dari lanyan mana lagu yang sedang mereka dengar. Dalam test ini pun saya sempat meminta pendapat kepada 3 orang lainnya, dan kesimpulan mereka sama dengan saya.

Bagaimana, sudah tahu mana yang memiliki kualitas suara terbaik?

Layanan Musik Streaming Dengan Kualitas Suara Terbaik

Dari hasil tes yang saya lakukan, saya menyimpulkan yang layanan musik stremaing dengan kualitas suara terbaik adalah YouTube Music. Suara dari layanan inilah, melalui perangkat yang saya gunakan sehari-hari, adalah yang cocok dan terbaik untuk telinga saya.

Layanan terbaik kedua adalah Spotify dan yang terakhir adalah Joox. Ada beberapa lagu yang saya rasa di Joox lebih enak didengarkan tetapi lebih banyak lagu yang menurut saya lebih enak didengarkan di Spotify.

Demikian hasil dari ‘mencari tahu sendiri’ mana layanan musik streaming dengan kualitas suara terbaik.

Anda yang mungkin memiliki selera musik yang berbeda dengan saya, dan memiliki standard kualitas dari suara sebuah lagu yang berbeda juga, dan memiliki perangkat untuk mendengarkan musik yang bebeda dengan saya, tentu saja bisa menemukan hasil yang berdeda pula.

Yang mana yang menurut Anda memilki kualitas sudara terbaik dari hasil tes yang Anda lakukan? Joox, Spotify atau YouTube Music?

Boleh dong share hasil dan pendapatnya di kolom komentar…

Oh iya, tulisan ini tidak disponsori oleh layanan musik streaming manapun yah, hehehehe. Cheers!

Sharing is love...
Scroll to top