Makna Sukses

Makna Sukses, Tidak Seperti Yang Dipikirkan

Makna sukses bagi tiap orang mungkin saja berbeda atau tidak sama. Walaupun setiap orang memiliki pendapat atau pengertian yang tidak sama tetapi setiap orang pasti ingin meraih kesuksesan di dalam hidupnya.

Apa arti atau makna sukses itu sebenarnya?

Thomas Edison, seoarang ilmuwan dan pemilik 1.000 hak paten yang memiliki etos kerja yang keras. Menurutnya sukses itu adalah 1% inspirasi dan 99% keringat. Thomas Edison mendefinisan kesuksesan itu sama dengan ambisius.

Deepak Chopra, seorang guru spiritual percaya bahwa kesuksesan adalah tentang perkembangan yang konstan. Dalam bukunya The Seven Spiritual Laws of Success, Deepak Chopra menuliskan bahwa kesuksesan dalam hidup bisa didefinisikan sebagai ekspansi yang berkelanjutan dari kebahagiaan dan realisasi yang progresif dari tujuan yang berharga.

Richard Branson, seoarang Miliuner. Dia percaya bahwa kesuksesan adalah soal keterlibatan. Sebagai pendiri Virgin Group dan memiliki kekayaan sekitar US$ 5 triliun, Richard Branson tetap melibatkan dirinya dalam aktivitas perusahaan miliknya. Dia menulis dalam sebuah blog,”Definisi kesuksesan? Makin sering Anda terlibat secara aktif dan praktis, Anda semakin merasa sukses.”

Winston Churcill, seorang politikus Inggris mengatakan bahwa kesuksesan adalah keras hati. Karir politik Churchill berlangsung pada masa-masa sulit di era kebangkitan militer Hitler. Tak mengherankan jika Winston Churcill mendefinisikan kesuksesan adalah kegagalan-kegagalan tanpa kehilangan antusiasme.

Bill Gates, founder dari perusahaan raksasa Microsoft. Menurut pria terkaya di dunia ini, sukses itu merupakan guru yang payah. Kesuksesan mendorong orang-orang cerdas untuk berpikir bahwa dirinya tak akan pernah kalah.

Elon Musk, sorang pengusaha super kaya, baginya kesuksesan itu ternyata tidak serumit apa yang dibayangkan kebanyakan orang. Bagi Elon Musk selama dia dapat melakukan berbagai hal menyenangkan dalam hidup, maka dirinya sudah sukses.

Steven Spielberg, sutradara film yang hebat dan terkenal, ia juga merupakan salah satu miliarder ternama di dunia. Steven Spielberg mengaku tak pernah tertarik mencetak uang. Uang seringkali dianggap sebagai hasil dari sebuah kesuksesan. Meski begitu, dia mengatakan, uang bukanlah tujuan utamanya dan bukan kesuksesan yang ingin dicapainya.

Itulah beberapa pendapat dari orang-orang terkenal dan orang-orang pintar.

Sukses menurut saya

Saya sendiri memiliki pandangan yang berbeda tentang hal ini.

Bagi saya, orang yang sukses itu adalah orang yang bisa membuat dirinya, keluarganya, orang-orang yang disayanginya masuk dan berkumpul kembali di surga-nya, apapun jalan hidupnya.

Karena kepandaian, kecerdasan, harta, jabatan dan popularitas, semua akan menjadi percuma bila tidak dapat membawa kita untuk lebih dekat kepada Tuhan dan membuat kita dapat meraih surga-nya.

Bagaimana makna sukses menurut para sahabat? Silahkan sharing di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top