MenuMeters

MenuMeters akhirnya dapat berjalan di sistem operasi El Capitan (OS X 10.11, semoga di versi OS selanjutnya juga). Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi ‘wajib’ buat saya yang pada mulanya, saat upgrade sistem operasi ke El Capitan, aplikasi ini tidak dapat dipergunakan atau not compatible.

MenuMeters adalah sebuah aplikasi utility gratis/freeware untuk menampilkan status kerja CPU, Hardisk, Memory dan Network pada menu bar. Sejak OS X 10.2 Apple membatasi pengaturan pada icon-icon aplikasi pihak ketiga terhadap icon-icon aplikasi dari sistem OS X yang tampil di menu bar, hal ini membuat sebagian aplikasi pihak ketiga menjadi tidak bisa berfungsi. Tetapi sampai dengan OS X Yosemite, pengembang aplikasi masih dapat mengakalinya dengan kode open-source MenuCracker, namun pada OS El Capitan Apple telah membenahi hal ini dan kode MenuCracker pun tidak dapat lagi berfungsi.

Kegunaan dari aplikasi ini adalah menampilkan status atau indikator-indikator dari kerja CPU, kapasitas Hardisk, penggunaan Memory (R
AM) dan Network Traffic. Dari keempat fungsi tadi yang selalu saya gunakan adalah status untuk network, dimana dapat menampilkan traffic network dalam hal ini buat saya adalah kecepatan download dan upload koneksi intenernet baik dari wifi maupun modem (usb tethering) pada menu bar.

menumeters-topbarTampilan pada menu bar pun dapat disesuaikan, apakah kita ingin menampilkan berupa angka atau grafik atau tanda panah atau kombinasi. Warna untuk pembeda kecepatan download dan upload dapat kita sesuaikan dengan keinginan. Menurut saya aplikasi MenuMeters ini termasuk aplikasi ringan dan cukup stabil. Dengan menampilkan indikator dari kecepat network (internet) di menu bar saya, saya menjadi mudah untuk melihat berapa kecepatan koneksi internet yang sedang berjalan dan mudah mengetahui bila ada masalah pada koneksi internet tersebut.

Beberapa minggu yang lalu akhirnya saya menemukan sebuah tautan dimana seseorang telah mengembangkan atau memodifikasi aplikasi MenuMeters ini hingga dapat berjalan di sistem operasi OS X El Capitan. Akhirnya saya dapat menginstal kembali aplikasi utility ini di El Capitan. Bila ingin mencoba, silahkan klik di sini untuk mengunduh MenuMeters.

~Prapanca

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *