Prapanca, Arti Dan Makna Sebuah Nama …

Prapanca, apa arti dari kata atau nama tersebut? Banyak orang bilang ‘apalah arti sebuah nama. Walaupun demikian, nama atau penamaan bagi sebagian orang juga merupakan hal yang penting karena merupakan ‘citra’ dari sebuah obyek atau orang yang menggunakan nama tersebut. Pernahkah kita ingin tahu arti dari sebuah nama atau dari sebuah kata?

Ada yang bilang bahwa nama atau kata Prapanca merupakan gabungan dari kata Pra yang artinya ‘sebelum’ dan Panca yang artinya ‘lima’. Jadi apakah nama tersbut memiliki arti ‘sebelum lima‘?

Kata Prapanca yang paling populer adalah berasal dari nama seorang Mpu pada zaman Majapahit, Mpu Prapanca. Sang Mpu adalah seorang pujangga sastra Jawa yang hidup pada abad ke-14 pada zaman Majapahit dan kemungkinan selain pujangga juga merupakan Mpu yang paling ternama. Namanya dikenal oleh semua orang di Indonesia. Hal ini disebabkan karena Sang Mpu merupakan penulis kakawih Nagarakrtagama yang termasyhur.

Sang Mpu, ketika menulis kakawih ini bekerja pada raja Rajasanagara. Konon menurutnya sendiri ia adalah seorang Dharmadhyaksa atau penghulu agama Buddha. Namun hal ini banyak ditentang banyak pakar Sastra Jawa Kuno.

Nama Prapanca kemungkinan adalah merupakan nama pena dan nama tersebut memiliki arti “bingung”. Di dalam bahasa Jawa Kuno memiliki arti: (ke)bingung(an); (ke)sedih(an); (pe)derita(an); rintangan atau halangan untuk bertindak (melakukan) perbuatan utama (nafsu, penyesatan, kesombongan). Bila melihat dari arti dalam bahasa Jawa Kuno, mungkin bisa diartikan mirip dengan pengertian ‘chaotic mind’.

Nama Prapanca saat ini cukup popular digunakan untu nama tempat seperti Hotel, nama perusahaan, nama jalan dan lain sebagainya. Oleh karena itu, terkadang memiliki nama yang juga banyak dipergunakan oleh nama tempat dan sebagainya beresiko seringkali ter-mention di sosial media oleh mereka yang yang menuliskan tempat di mana mereka sedang berada dengan karakter atau symbol ‘@’, seperti “@prapanca”. Alih-alih menyatakan tempat, symbol tersebut merupakan tanda untuk me-mention seseorang di beberapa sosial media. Nasib …

Jadi, apa arti nama Anda?

 

~Prapanca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top