Menampilkan Dan Menyembunyikan ‘Hidden File’ di Mac

Menampilkan dan menyembunyikan hidden file di Mac (Finder) dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut:

Melalui Aplikasi Terminal

  1. Buka aplikasi Terminal dari Finder > Applications > Utilities
  2. Pada aplikasi Terminal copy dan paste code berikut ini:
    [su_note note_color=”#eaeaea”]defaults write com.apple.finder AppleShowAllFiles YES[/su_note]
    lalu tekan enter
  3. Lalu tekan tombol Alt/Option pada keyboard lalu klik kanan (tap 2 jari di trackpad), atau tekan tombol Alt/Option + Control lalu klik kiri (tap 1 jari di trackpad) pada icon Finder di Dock lalu pilih dan klik ‘Relaunch‘ pada menu yang muncul.
  4. Hidden file akan terlihat pada Finder

Untuk mengembalikan ke kondisi default, yaitu menyembunyikan kembali hidden file, lakukan hal yang sama dengan code yang di-copy-paste pada aplikasi Terminal diganti dengan code berikut: [su_note note_color=”#eaeaea”]defaults write com.apple.finder AppleShowAllFiles NO[/su_note]

Melalui Aplikasi Lain

Ada beberapa aplikasi pihak ke tiga yang berfungsi sebagai ‘pengganti’ Finder, yang memiliki fitur tambahan salah satunya memberikan opsi pada pengaturan aplikasi tersebut untuk menampilkan dan menyembunyikan hidden file di Mac. Bila Anda tetap ingin menggunakan Finder, Anda dapat menggunakan aplikasi utility yang memberikan kemudahan untuk mengatur fitur-fitur tersembunyi pada OS X. Salah satunya adalah TinkerTool, sebuah¬†aplikasi freeware yang memberikan Anda akses ke pengaturan preferensi tambahan untuk mengaktifkan fitur tersembunyi dalam sistem operasi OS X dan beberapa aplikasi bawaan dari sistem operasi OS X.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

~Prapanca

*Code telah di coba pada aplikasi Terminal di sistem operasi OS X Yosemite dan El Capitan

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *