Membackup File Backup iPhone/iPad Ke Eksternal Drive (Update)

Membackup File Backup iPhone/iPad ke eksternal drive, apakah hal ini diperlukan? File backup dari iPhone atau iPad biasanya memiliki ukuran yang cukup besar dan file-file tersebut dapat memenuhi ruang penyimpanan file (storage/hard disk) pada Mac, apalagi bila kita menggunakan Macbook Air dimana pada spesifikasi tertentu dapat dikatakan memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang kecil terlebih apabila dibandingkan Macbook Pro atau iMac.

Membackup File Backup iPhone/iPad Ke Eksternal Drive

Bagaimana bila kita ingin memindahkan file backup tersebut ke harddisk eksternal? Berikut caranya:

  1. Pastikan aplikasi iTunes dalam keadaan mati (tidak terbuka)
  2. Buka Finder, dan tekan timbol Shift + Command + G (atau pilih menu Go > Go to Folder, lalu ketik: ~user/Library/Application Support/MobileSync/Backup (‘~user’ ini adalah nama user pada sistem operasi macOS). Atau buka Finder, lalu buka ‘MacOS HD’ pada list device, lalu buka folder ‘Users’ > ‘nama user’ (biasanya ada icon rumah sebelum tulisan nama user) > Library > Application Support > MobileSync > Backup.
  3. Pindahkan folder-folder di dalam direktori Backup ke tempat lain, seperti partisi hard disk lain atau ke hard disk eksternal.
  4. Bila sudah tercopy, file/folder original dapat dihapus.
  5. Anda dapat menjalankan kembali aplikasi iTunes.

Dengan langkah diatas, proses membackup file backup iPhone/iPad telah selesai. Perlu dicatat bahwa setiap Anda melakukan iTunes syncs dengan perangkat iOS Anda kembali, maka file-file backup baru akan terbentu, jadi Anda harus melakukan lagi langkah-langkah membackup file-file backup tersebut.

Mengembalikan File Backup iPhone/iPad Dari Ekternal Drive

Bila kita ingin melakukan proses restore data pada perangkat iOS dari file backup, bila Anda telah melakukan backup atau memindahkan file-file backup tersebut ke lokasi lain, maka file-file backup tersebut harus dikembalikan ke direktori ‘default’ iTunes atau direktori asalnya. Ikuti cara berikut:

  1. Pastikan aplikasi iTunes dalam keadaan mati (tidak terbuka).
  2. Buka Finder, dan tekan timbol Shift + Command + G (atau pilih menu Go > Go to Folder, lalu ketik: ~user/Library/Application Support/MobileSync/Backup (‘~user’ ini adalah nama user pada sistem operasi macOS). Atau buka Finder, lalu buka ‘MacOS HD’ pada list device, lalu buka folder ‘Users’ > ‘nama user’ (biasanya ada icon rumah sebelum tulisan nama user) > Library > Application Support > MobileSync > Backup.
  3. Pada hard disk ekternal Anda atau lokasi dimana Anda menyimpan file-file backup iPhone atau iPhone berada, kembalikan (copy/move) kembali ke folder yang Anda buka pada langkah ke-2.
  4. Buka/jalankan iTunes dan lakukan proses restore.

Demikianlah cara-cara membackup File Backup iPhone/iPad ke eksternal drive dan bagaimana mengembalikannya. Semoga bermanfaat.

 

~Prapanca

*dari berbagai sumber

 

You may also like

2 Comments

  1. dalam menu aplication support tidak ada folder mobileSync/backup. untuk macOs Sierra. mohon bantuan klo ada info terbaru. terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *