Kenapa Memilih Dan Menggunakan WordPress?

Pernahkah Anda mendengar mengenai Joomla, Drupal, WordPress dan sejenisnya? Mereka adalah platform yang banyak digunakan orang untuk membangun sebuah website.

Mereka juga merupakan sebuah CMS atau Content Management System yang digunakan untuk mengelola konten dan sistem dari sebuah website. Kebanyakan platform untuk membangun sebuah website ini merupakan open source dan memiliki komunitas pengembang yang cukup besar.

Dari semua platform tersebut yang pernah saya coba, pilihan saya selalu kembali kepada WordPress. Platform ini dikenal sebagai salah satu platform terpopuler untuk membuat Blog (Weblog) di internet. Tapi apakah dia hanya diperuntukan untuk membuat blog?

WordPress is web software you can use to create a beautiful website or blog.

WordPress adalah aplikasi web yang berfungsi selain sebagai ‘mesin’ dari sebuah website, dan juga berfungsi sebagai content management system (CMS) bagi website tersebut. Dalam perjalanan dan perkembangannya WordPress tidak hanya berfungsi untuk platform blog tetapi juga dapat berfungsi sebagai CMS sebuah website yang lebih kompleks dari sekedar blog.

Kenapa saya memilih WordPress untuk platform sebuah website? Berikut adalah beberapa alasannya:

  1. Kemudahan installasi, terutama bagi kita yang memiliki/menggunakan hosting sendiri.
  2. Kemudahan untuk mengelola konten, membuat konten baru, menghapus dan mengaturnya.
  3. User friendly, antar muka halaman administrator yanga ramah pengguna, mudah dipahamai atau dimengerti.
  4. Fleskibilitas di sisi desain atau tampilan halaman yang dipermudah juga dengan keberadaan widget dan plugin yang bisa memperkaya tampilan dan fitur dari website atau blog kita.
  5. Powerfull, dapat digunakan untuk membuat blog pribadi yang sederhana sampai ke toko online.
  6. SEO friendly.
  7. Gratis dan adanya dukungan support dan komunitas yang cukup besar.

Karena alasan-alasan tersebut, sampai saat ini WordPress masih menjadi platform favorit bagi saya untuk membangun sebuah website. Nah, gemana menurut Anda? Apa platform website yang Anda pergunakan? Apakah menurut Anda ada yang lebih baik, lebih powerfull dan user friendly, lebih bagus dari ini?

Silahkan di-share di kolom komentar di bawah yah … :)

 

~Prapanca

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top