Kenapa Mac?

Kenapa Mac? Sebuah pertanyaan yang sering saya dapatkan ketika orang tahu saya menggunakan Mac. Mac adalah kependekan kata dari kata Macintosh, salah satu jenis komputer personal yang diproduksi oleh Apple. Komputer ini dinamakan dengan mengambil kata Mc Intosh, yaitu jenis apel yang disukai Jef Raskin. Komputer Apple dengan nama Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.

Kenapa Mac?

Sudah lebih dari 10 tahun saya menjadi pengguna, dan ingin rasanya berbagi cerita kenapa saya memilih Mac. Jadi, kenapa Mac?

  1. Faktor yang utama adalah sistem operasi (operating system / OS) yang dipergunakan. OS yang dipergunakan pada Mac adalah OS yang memang dibuat oleh Apple sendiri dan diperuntukan untuk Mac, yaitu OS X. Sistem operasi dari sebuah komputer bagi saya sangat menentukan, karena ini yang akan membetuk bagaimana kebiasaan kita menggunakan sebuah perangkat komputer, bagaimana cara kita bekerja pada komputer tersebut. Saya mengenal sistem operasi Windows, sejak versi 3.1.1 work group sampai ke Windows 8, saya juga mengenal beberapa distro Linux dan kecocokan pun berlabuh pada OS X.Beberapa hal dari OS X yang membuat saya nyaman bekerja dengan Mac:
    • Simple, antar muka yang sederhana dan user friendly. Untuk yang sudah terbiasa dengan system operasi lain seperti Windows, mungkin akan bingung pada awalnya karena sudah terbiasa dengan keribetan tatacara menggunakan Windows itu sendiri.
    • Lebih Stabil, tidak pernah menjadi lambat walau install-uninstall aplikasi, browsing dan download seenaknya dan tidak pernah install ulang karena OS terasa makin lambat atau karena kerusakan file system.
    • Lebih aman, bebas virus yang merusak system OS. Walau tidak menutup kemungkinan tetap bisa kecolongan data oleh malware dan sejenisnya tetapi masih lebih aman dan lebih sulit untuk diretas. Sampai saat ini saya tidak pernah menginstal antivirus di Mac saya.
    • Aplikasi yang unik, powerful tapi tetap simple. Banyak aplikasi yang menunjang keperluan saya secara pribadi maupun pekerjaan yang hanya ada di OS X dan atau bila adapun di sistem operasi lain biasanya versi untuk OS X akan lebih baik secara kesatbilan, keamanan dan fitur.

    Perlu di garis bawahi bahwa tidak semua orang akan cocok dengan OS X, ini tergantung keperluan dan kebiasaan cara kerja masing-masing pada perangkat computer. Bisa saja orang harus bekerja dimana aplikasi yang digunakan tidak bisa jalan atau tidak ada versi untuk OS X. Atau karena sudah terbiasa menggunakan sistem operasi lain sehingga tidak dapat membiasakan diri bekerja dan berinteraksi dengan ‘work flow’ OS X.

  2. Teknologi. dari dulu ciri khas dari produk Apple adalah selalu menggunakan teknologi terbaru dan inovasi baru didalamnya. Terkadang membuat kontroversi dengan keputusan teknologi atau inovasi baru yang dipergunakan atau teknologi lama yang ditinggalkan. Komputer Apple terkenal dengan kualitas warna pada tampilan layar, sering sekali diidentikan sebagai komputer untuk para designer (grafis, film, dsb). Lalu, saat ini adalah trackpad pada perangkat jenis laptop/notebook Apple sangat mengagumkan, baik dari sisi kenyamanan menggunakannya dan juga penggunaannya yang dapat memperkaya pengalaman menggunakan Mac baik untuk bersenang-senang maupun bekerja.
  3. Desain. Produk-produk Apple memang dikenal dengan desainnya yang simple, elegant dan inovatif. Dari setiap produk Apple selalu memiliki desain yang khas dari mulai seri PowerBook, iBook, iMac G3, Sun Flower, Cube, PowerMac, Macbook sampai saat ini saya memilih menggunakan Macbook Air. Laptop yang tipis, kokoh, elegant, cocok untuk mobile work dan tetap powerful dari sisi OS, display dan ketahanan battery.
  4. Logonya bisa menyala.

By the way, poin yang terakhir jangan terlalu serius, karena tidak semua logonya bisa menyala sekarang ???

Demikian kurang lebih hal-hal yang bikin saya memilih Mac. Mungkin bisa dikatakan saya tidak bisa bekerja 100% nyaman dan optimal bila tidak menggunakan Mac. Sekali lagi, belum tentu apa yang saya rasakan juga berlaku sama dengan Anda. This is personal computer, so this is very personal!

Silahkan share pikiran, pengalaman Anda soal Mac, kenapa Mac dan pengalaman berkomputer dengan brand/OS lainnya bila dibandingkan dengan Mac pada kolom komentar di bawah ini.

 

~Prapanca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top