Font Apple Watch di Yosemite (updated)

Font Apple Watch atau jenis huruf yang digunakan pada system operasi Apple Watch adalah jenis huruf ‘San Francisco’.  Dalam perjalanannya, pada OS X versi terkini yaitu El Capitan disebutkan menggunakan jenis huruf ‘San Francisco’ ini sebagai default font. Tetapi jensi huruf ini telah direvisi oleh Apple agar sedikit lebih mudah untuk dibaca dalam layar desktop maupun perangkat iOS.

Font Apple Watch di Yosemite

Munculnya jenis huruf ‘San Fransico’ ini sebagai Font Apple Watch, adalah pada masa OS X Yosemite, tetapi OS X Yosemite pada waktu itu menggunakan jenis huruf Helvetica Neue sebagai jenis huruf default pada system operasinya. Pada saat itu beberapa pengguna Mac mencoba memodifikasi jenis huruf ini agar bisa dipergunakan sebagai default font dalam OS X Yosemite. Jika Anda sedang menjalan OS X Yosemite saat ini, Anda dapat menggunakan salinan versi modifikasi dari jenis huruf ‘San Francisco’ yang ada pada system OS X El Capitan.

Perlu dicatat, bahwa jenis huruf ‘San Fransico’ pada OS X El Capitan ini adalah varian yang berbeda dengan yang ada Pada Apple Watch walaupun seringkali jenis huruf ini dikenal sebagai huruf Apple Watch. Bila Anda ingin menggunduh jenis huruf versi modifikasi OS X El Capitan dapat di unduh di sini, dan bila versi Apple Watch bisa unduh di sini. Ingat bahwa jenis huruf yang ada pada link terebut bukan resmi dari Apple, untuk font resmi dari Apple bisa diunduh di sini.

Berikut cara mengganti default system OS Yosemite dengan Font Apple Watch:

  1. Download paket huruf pada link diatas
  2. Dari Finder, tekan tombol Command + Shift + G dan masukan path: /Library/Fonts/
  3. /Library/Fonts/ adalah directory default untuk file-file huruf di OS X, kecuali Anda telah mengubahnya. Lalu drop atau masukan file-file huruf yang telah diunduh tadi kedalam folder tersebut.
  4. Lalu reboot atau restart Mac Anda.

Untuk mengembalikan jenis huruf dari ‘San Francisco’ ke huruf bawaan OS X Yosemite, cukup dengan menghapus atau mengeluarkan huruf tersebut dari folder Fonts tadi.

Catatan terakhir, ini adalah cara atlernatif atau tidak resmi, jadi silahkan bila Anda melakuka ini resiko menjadi tanggung jawab Anda pribadi. Selamat mencoba. ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top