Demi Waktu, Sebuah Perjalanan Dalam Hidup

Demi waktu, waktu adalah hal yang sangat berharga yang terkadang tidak disadari bahkan tidak dihargai oleh kita. Sadarkah kita bahwa waktu yang telah kita lewati, yang kita habiskan, tidak akan pernah kita dapatkan kembali dan tidak akan bisa kita ulangi?

Sering kita dengar ucapan “Time is Money“, waktu adalah uang, sebuah kalimat yang menggambarkan arti sebuah waktu bahwa waktu itu adalah hal yang sangat berharga. Bila kita menyia-nyiakan waktu sama saja kita buang-buang uang.

Benarkah demikian?

Waktu itu adalah kehidupan, kehidupan itu adalah waktu. Waktu akan terus berjalan, tidak dapat berhenti apalagi berjalan mundur. Tidak melihat siapa kita, waktu akan terus berlalu. Bila kita hanya bermain-main dan membuang-buang waktu, waktu akan pergi meninggalkan kita.

Pernahkah kita menghitung dalam satu hari, berapa menit atau berapa detik  kita habiskan waktu kita? kita habiskan untuk apa saja? Beranikah kita mencatat waktu yang kita habiskan secara detail dari mulai kita bangun, berapa lama kita mandi, berapa lama kita sarapan, berangkat kerja atau sekolah, nonton tv, main game dan seterusnya?

Sekarang coba Anda ambil kertas dan pena, lalu cobalah mencatat lama waktu yang Anda habiskan untuk kegiatan dan tindakan Anda sehari-hari, tuliskanlah berapa lama waktu dalam hidup Anda yang Anda habiskan untuk pekerjaan, untuk bersama orang-orang yang Anda sayangi, untuk bersama orang yang Anda cintai, untuk beribadah, untuk belajar, untuk bersenang-senang, dan seterusnya, lalu lihat dan simpulkan berapa banyak waktu yang Anda gunakan tanpa memiliki manfaat dan makna dan berapa yang bermanfaat dan memiliki makna dalam hidup Anda. Bagaimana hasilnya?

Sebuah pepatah Arab:

“Waktu diibaratkan pedang, jika engkau tidak memotongnya maka waktulah yang akan memotongmu, Dan jika engkau tidak menyibukkan dirimu dengan sesuatu yang halal, maka dia akan menyibukkanmu dengan sesuatu yang haram serta perbuatan-perbuatan dosa..”

Islam menjadikan waktu sebagai sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan manusia, bahkan di dalam ayat Allah bersumpah atas nama waktu,”Demi Waktu …”.

Sudah kita pergunakan untuk apa saja waktu yang kita miliki?

 

~ Prapanca.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top