Arti Kemerdekaan

Merdeka itu bukan hanya sekedar ‘bisa tertawa’. Apakah arti merdeka atau kemerdekaan?

Yang pertama,
yaitu terbebas dari penjajahan bangsa lain atau bangsa asing.

Baik fisik, psikologi, sosial, budaya dan ekonomi. Darah, jiwa dan raga serta harta benda telah tercurah untuk bumi Indonesia, menjadi saksi berdirinya NKRI.

Yang kedua,
yaitu bebas dari rasa takut dan khawatir. Tidak dibayang-bayangi rasa takut, cemas, dan khawatir yang berkepanjangan. Kita terbebas dari pikiran yang sempit, pendek dan negatif.

Yang ketiga,
yaitu bebas untuk mengemukakan pendapat, baik lisan maupun tulisan. Kebebasan berpendapat harus diiringi rasa tanggung jawab, menghormati pendapat orang lain bukan saling mencela dan mengejek/mencemooh. Dalam berpendapat harus disertai landasan kebenaran (fakta/bukti) dan kejujuran, bukan berisi kebohongan dan fitnah.

Yang keempat,
yaitu bebas menentukan nasib sendiri. Seseorang dapat dikatakan merdeka seandainya bebas untuk memilih dan menentukan jalan hidupnya sendiri. Bebas, mandiri dan bertanggung jawab. Bukan tergantung terhadap orang lain atau dikendalikan oleh tekanan orang lain apalagi melacurkan diri menjadi ‘boneka’ orang lain.

Apakah kemerdekaan sudah kita capai? Coba renungkan. Apapun jawaban Anda, yang jelas perjuangan masih belum selesai.

Belum selesai?

Ya! Masih ada manusia-manusia yang berani ‘menjual’ aturan, hukum, bahkan ‘menjual/merampok’ negara hanya demi kekuasaan, keuntungan pribadai ataupun kelompoknya. Bung Karno pernah berkata, “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah. Perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.”

Nasionalisme harus selalu tertanam kuat pada generasi penerus bangsa ini.

Dirgahayu Indonesia. MERDEKA!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top